Pages

Senin, 11 Juli 2011

HIKMAH SHALAT SUNNAH

A. Shalat Sunnah
Selain shalat fardhu Islam juga menganjurkan berbagai macam shalat yang lazim disebut shalat sunnah atau shalat tatawwu’. Macam-macam shalat sunnah anatara lain :
 Shalat sunnah rawatib.
Shalat sunnah rawatib adalah shalat sunnah yang dikerjakan mengiringi shalat fardhu yang lima waktu .waktun pelaksanaannya dibagi menjadi 2, yaitu :sunnah rawatib yang dilaksanakan sebelum shalat fardhu dan dinamakan shalat saunnah qabliyaj, dan shalat sunnah yang dilaksanakan sebelum sesudah shalat fardhu dan disebut sunnah ba’diyah. Sedangkan menurut kadar nilainya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu sunnah muakkadah dan sunnah ghairu muakkadah.
• Shalat sunnah rawatib muakkadah meliputi 2 rakaat sebel;um shalat shubuh, 2 rakaat sebelum dan sesudah shalat dhuhur, 2 rakaat sesudah shalat maghrib, dan 2 rakaat sesudah shalat isya’
• Shalat sunnah rawatib ghairu muakkadah meliputi 4 rakaat sebelum dan sesudah shalat dhuhur, 4 rakaat sebelum shalat ashar yang pelaksanaannya 2 rakaat salam, dan 2 rakaat sebelum maghrib.
 Shala sunnah wuqu’iyah
Dalam Islam diajarkan shalat sunnah yang dilaksanakan karena terjadi peristiwa alam yang tertentu yang dianggap m,enyimpang dari kebiasaan alam itu sendiri atau bencana sperti shalat berikut.
• Shalat sunnah kusufain yaitu dua shalat sunnah gerhana yaitu kusuf (gerhana matahari) dan khusuf (gerhana bulan).
• Shalat sunnah istisqo’ yaitu shalat yang dimaksudkan sebagai permohonan/do’a minta hujan. Shalat ini dikerjakaan manakal musim kmarau telah melampaui batas-batas normal dan cenderung menimbulkan bencana.
 Shalat sunnah mutlaq

 Shalat sunnah lain.


S e l a m a t B e l a j a r

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More