Pages

Selasa, 12 Juli 2011

Strategi Pembelajaran

1. Giving Question dan Getting answers
• Bagikan dua potong kertas kepada semua siswa
• Mintalah siswa untuk melengkapi pernyataan berikut :
Kertas I : saya masih punya pertanyaan
Kertas 2 : saya menjawab tentang
• Buat kelompok-kelompok kecil dan mintalah masing-masing kelompok untuk memilih pertanyaan dan jawaban yang paling penting.
• Mintalah masing-masing kelompok untuk melaporkan pertanyaan yang dipilih. Cari sekiranya ada peserta yang dapat menjawab. Jika tidak ada guru harus menjawab pertanyaan.
• Minta masing-masing kelompok untuk jawaban yang telah dipilih, kemudian minta anggota kelompoknya menjelaskan jawaban kelompok kepada kelompok yang lain
• Setelah selesai dapat dilanjutkan dengan memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal latihan, kemudian memberikan justifikasi materi /kesimpulan diakhir proses pembelajaran, jika waktu telah berakhir dilanjutkan dengan kegiatan penutup/salam.

2.learning starts with a question dengan media/alat pembelajaran : kapur, spidol, white board/papan tulis, potongan kertas. Langkah-langkahnya :
 Pembukaab/salam
 Memberikan ilustrasi materi sesuai topik pembahasan yang disertai gambaran obyektif penerapan di lapangan.
 Proses kegiatan :
• Bagikan separuh jumlah siswa potongan kertas yang berisi pointers materi yang akan diajarkan pada sesi pembelajaran.
• Suruhlah siswa bergerak mencari teman sejumlah 3 , diutamakan mencari teman yang belum mendapat lembar kopian. Mintalah kelompok mempelajari pointer materi yang diterima. Siswa mencatat apa yang tidak diketahui dan membauat pertanyaan sebanyak mungkin tentang pointers materi yang dipelajari.
• Siswa berkumpul lagi dikelas, guru menyuruh siswa menanyakan sesuai yang dipersiapkan dalam kelompok.
• Guru menjawab setiap pertanyaan yang diajukan siswa, sebaiknya menjawab pertanyaan yang belum terjawab dan harus tuntas terjawab isi pertanyaan yang dimaksud.
• Guru memberi penekanan pada inti materi dan kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa.
• Setelah selesai dapat dilanjutkan dengan memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal latihan, kemudian memberikan justifikasi materi di akhir proses pembelajaran, jika waktu telah selesai akhiri dengan penutup/salam.
3. Everyone Is A Teacher Here.
 Bagikan kertas kepada setiap siswa dan mintalah mereka untuk menuliskan sebuah pertanyaan tentang materi pelajaran yang telah atau sedang dipelajari, atau topic khusus yang ingin mereka diskusikan.
 Kumpulkan kertas catatan siswa, kemudian diaduk dan bagikan kembali kepada msing- masing siswa. Suruh siswa membaca pertanyaan di kertas masing sambil berpikir bagaimana jawabannya.
 Under volunteer/sukarelawan untuk maju ke depan dan membacakan pertanyaan yang ada di tangannya serta memberikan respon/jawaban/penjelasan atas pertanyaan yang dibacakan. Kembangkan diskusi dengan melibatkan siswa lain untuk menanggapinya.
 Setelah selesai dapat dilanjutkan dengan memberikan tugas untuk mengerjakan soal latihan, kemudian memberikan justifikasi materi/kesimpulan diakhir proses pembelajaran.jika waktu sudah berakhit dianjutkan kegiatan penutup.
4. The Power Of Two
 Ajukan satu atau dua pertanyaan yang membutuhkan perenungan dan pemikiran.
 Minta siswa menjawab pertanyaan secara perorangan berbentuk tulisan.
 Setelah semua memberikan jawabannya, kelompokkan siswa dua-dua /berpasangan.
 Masing-masing pasangan diminta untuk saling menjelskan jawaban yang ditulis masing-masing, kemudian menyusun jawaban baru yang disepakati.
 Setelah masing-masing pasangan menulis jawabannya, perintahkan mereka untuk membandingkan jawabannya dengan pasangan lain dan perintahkan agar siswa menyusun kembali jawaban yang disepakati.
 Berikan kesempatan beberapa orang siswa untuk mempresentasikan jawaban yang dirumuskan setelah membandingkan dengan siswa lain .
 Setelah selesai dapat dilanjutkan dengan memberikan tugas untuk mengerjakan soal latihan, kemudian memberikan justifikasi materi/kesimpulan diakhir proses pembelajaran.
5. Tim Pendengar
 Bagi kelas menjadi 4 kelompok dan masing-masing kelompok diberi tugas yang berbeda. Contoh sebagai berikut :
 Kelompok A berperan sebagai penanya yang bertugas setelah presentasi pelajaran, bertanya minimal dua pertanyaan tentang materi yang baru disampaikan.
 Kelompok B berperan sebagai pendukung bertugas setelah materi disampaikan, menyampaikan point-point yang disetujui atau bermanfaat dan menjelaskan alasan.
 Kelompok C berperan sebagai penentang yang bertugas sebagai mengutarakan point-point yang tidak disetujui atau tidak bermanfaat dan menjelaskan alasan
 Kelompok D berperan sebagai pemberi contoh bertugas memberi contoh spesifik atau aplikatif dari materi.
 Sampaikan materi anda dengan teknik lecturing, setelah selesai berikan waktu kepada kelompok untuk menyelesaikan tugas
 Mintalah masing-masing kelompok untuk bertanya, menyetujui, menolak atau memberi contoh sesuai dengan tugas yang telah dibagikan di pelajaran.
 Setelah selesai dapat dilanjutkan dengan memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal latihan, kemudian memberikan justifikasi materi/kesimpulan diakhir proses pembelajaran.
6. Synergetic Teaching
 Bagi kelas menjadi 2 kelompok
 Pindahkan satu kelompok ke ruangan lain untuk membaca topic yang akan di ajarkan dan perintahkan agar menyusun catatan belajar.
 Pada waktu yang sama sampaikan materi pada kelompok kedua dengan teknik ceramah atau Tanya jawab
 Balik kegiatan untuk setiap kelompok dengan cara memberikan materi bacaan untuk kelompok yang mendengarkan ceramah dan menyampaikan ceramah kepada kelompok yang telah membaca.
 Pertemukan/gabungkan masing-masing kelompok dengan pasangan masing-masing dan mintalah mereka merekapitulasi dari materi yang baru saja mereka pelajari secara mandiri ataupun dengan guru.
 Setelah selesai dapat dilanjutkan dengan memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal latihan, kemudian memberikan justifikasi materi/kesimpulan diakhir pembelajaran.
7. Point Counterpoint
 Pilih satu topic yang mempunyai dua perspektif/pandangan atau lebih
 Bagi kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan perspektif/pandangan yang ada
 Pastikan bahwa masing-masing kelompok duduk pada tempat yang terpisah dengan kelompok lain yang berbeda pandangan.
 Mintalah masing-masing kelompok untuk menyiapkan argumen-argumen yang disepakati dalam kelompok.
 Pertemukan kembali masing-masing kelompok dan beri kesempatan salah satu kelompok tertentu untuk memulai berdebat dengan menyampaikan argument-argumen yangb disepakati dalam kelompok.
 Undang anggota kelompok lain untuk enyampaikan pandangan yang berbeda. Demikian seterusnya.
 Beri klarifikasi atau kesimpulan denga membandingkan isu-isu yang brekmbang selama perdebatan berlangsung. Sebelujm menutup pelajaran erikan penegasan tentang inti persoalan yang diperdebatkan.
 Setelah selesai dapat dilanjutkan dengan memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal latihan, kemudian memberikan justifikasi materi/kesimpulan diakhir pembelajaran.
8. Jigsaw Learning
• Pilih materi pembelajaran yang dapat dibagi menjadi beberapa segmen /bagian
• Bagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah segmen yang ada.
• Setiap kelompok mendapat tugas membaca, memahami dan mendiskusikan serta membuat ringkasan materi belajar yang berbeda
• Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuyk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari dikelompoknya.
• Kembalikan suasana kelas seperti semula kemudian tanyakan apakah ada persoalan yang btidak terpecahkan dalam kelompok
• Berikan pertanyaan pada siswa untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari.
• Setelah selesai dapat dilanjutkan dengan memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal latihan, kemudian memberikan justifikasi materi/kesimpulan diakhir pembelajaran.
9. Information Search
 Bagikan resource material (bacaan, textbook,dll)
 Susunlahsejumlah pertanyaan yang jawabannya bias dicari pada resource material yang telah disiapkan
 Untuk menumbuhkan persaingan yang sportif, bagilah siswa ke dalam beberapa kelompok kecil untuk merumuskan jawaban.
 Mintalah siswa mempresentasikan jawaban, dan berikan kesempatan kelompok lain untuk menilai obyektifitas jawaban.
 Setelah menyelesaikan tugas, lakukanlah pembahasan jawaban yang benar secara bersama dalam sebuah diskusi kelas. Kembangkan jawaban tersebut untuk memperluas cakupan belajar.
 Setelah selesai dapat dilanjutkan dengan memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal latihan, kemudian memberikan justifikasi materi/kesimpulan diakhir pembelajaran.
10. Snowballing
o Adakan grouping, masing-masing terdiri dari dua atau tiga orang siswa.
o Kemudian ajukan sebuah pertanyaan atau permasalahan untuk dibahas dan dicarikan jawaban pemecahannya.
o Setelah beberapa menit masing-masing group digabung sehingga jumlah anggota group berubah dari dua menjadi empat atau lebih banyak lagi anggotanya.
o Pada group yangb baru diberikan tugas untuk melakukan sharing pendapat dan merumuskan jawaban baru yang disepakati bersama
o Jawaban yang disepakati dipresentasikan dan ditanggapi siswa/guru
o Setelah selesai dapat dilanjutkan dengan memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal latihan, kemudian memberikan justifikasi materi/kesimpulan diakhir pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More