Pages

Selasa, 12 Juli 2011

MUZARA’AH, MUKHABARAH DAN HIKMAHNYA

A. Muzara’ah
1. Pengertian Muzara’ah
Muzara’ah adalah kerjasama antara pemilik sawah/lading dengan penggarap dengan benih tanahan dari pihak pemilik tanah. Pembagian hasilnya menurut kesepakatan kedua belah pihak. Kerjasama ini biasanya dilakukan pada tanaman yang harga benihnya relative mahal seperti cengkeh, vanili, pala dll.
2. Hukum Muzara’ah
Hukum asal muzara’ah adalah mubah/boleh. Namun bila dikhawatirkan ada kecurangan dari salah satu pihak maka sebaiknya tidak dilaksanakan.
3. Zakat Muzara’ah
Dalam mukhabarah yang wajib mengeluarkan zakat adalah pemilik tanah karena dialah hakikatnya yang menanam, sedang penggarap seolah-olah mengambil upah kerja.
B. Mukhbarah
1. Pengertian Mukhabarah
Mukhabarah adalah kerjasama antara pemilih sawah sawah/lading dengan penggarap dan benihnya dari pihak penggarap. Pembagian hasilnya menurut kesepakatan kedua belah pihak secara adil. Kerjasama ini biasanya dilakukan pada tanaman yang harga benihnya relative murah seperti padi, jasgung, kacang, dll.
2. HuKum Mukhabarah.
Hukum dan cara-cara dalam mukhabarah sama denganb muzara’ah.
3. Zakat Mukhabarah
Dalam mukhabarah yang wajib mengeluarkan zakat adalah penggarap karena dialah hakikatnya yang menanam, sedang pemilik tanah seolah-olah mengambil sewa tanahnya. Bila benih berasal dari keduanya maka zakat diwajibkan atas keduanya sebelum pendapatan di bagi 2.
C. Hikmah Muzara’ah dan Mukhabarah.
• Hikmah muzara’ah dan mukhabarah prinsipnya tidak berbeda dengan hikmah musaqah
• Memberi pertolongan kepada penggarap untuk mempunyai penghasilan
• Harta tidak hanya beredar di antara orang kaya asaja
• Mengikuti sunnah Rosululloah.

S e l a m a t B e l a j a r

1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More